11 January 2009

Membuat Blog dengan Blogspot.com

Heheheee. kayanya jadi tambah bingung, setelah m34lh posting cara2 dan beberapa hal yang berkenaan dengan blogspot.com tapi m34lh sama sekali belum pernah memposting cara membuat blog dari paman kita tersayang GOOGLEuakni www.blogspot.com. meski diakui bahwa selama ini m34lh sangat terbantu sekali dengan adanya paman Google Tersayang.
Nah sebagai balas jasa terhadapa Paman Google, m34lh pengen banget berbagi tips dan trik tentang "gimana sich cara bikin blog itu.....?" Tentunya pertanyaan ini ditanyakan oleh Temen2 Newbie yang pengen eksis di dunia maya...
Oke deh dari pada panjang lebar ga jelas ikutin aja langkahnya.....

Langkah pertama kamu wajib memiliki keanggotaan di Google, langkah membuat keanggotaan di Google tidak akan saya jelaskan disini. Cara membuat blog pada Blogger adalah sangat mudah, silakan buka Blogger di alamat http://www.blogger.com.

 
Saran saya adalah langsung memasukkan E-Mail dan Password kamu pada bagian Form Login. Pada langkah ini kamu wajib telah memiliki keanggotaan di Google. Jika kamu ingin menggunakan e-mail lain silakan masukkan pada bagian yang diminta.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan adalah gunakan penamaan yang tepat yang mempresentasikan diri kamu secara benar. Jangan pernah membuat account Google dengan informasi palsu, samaran ataupun fiktif. Isilah form secara benar dan tidak perlu khawatir bahwa Google akan menyebarkan informasi pribadi kamu ke khalayak ramai, Google berjanji tidak akan berbagi informasi mengenai diri kamu kepada orang lain yang tidak berhak mengetahuinya.

Sebuah account Google dapat digunakan untuk membuat banyak blog, dengan kata lain cukup satu account pada Google dengan banyak halaman blog yang memiliki alamat penamaan berbeda.

 

Jika kamu sudah Login, lanjutkan dengan klik Ciptakan Sebuah Blog dan berikanlah nama untuk blog kamu. Pada bagian ini adalah yang sangat penting, jangan memilih nama yang asal, pilihlah penamaan yang mewakili dari isi blog kamu. Misalnya kamu mau ngeBlog mengenai pariwisata Indonesia, pilihlah nama dengan bijak. Jangan gunakan penamaan yang jauh dari apa isi blog kamu sebenarnya.

 

Hal Penting Penamaan

Jika kamu serius ingin ngeBlog tentang sesuatu yang berorientasi pada uang saran saya jangan gunakan nama kamu sebagai penamaan. Gunakanlah sebuah objek isi blog kamu. Dengan demikian kamu akan lebih mudah dikenali oleh pembaca bahwa blog kamu berisikan tentang sesuatu yang unik atau khusus. Alasan lain adalah dikarenakan kamu menggunakan sebuah layanan blog gratis yang telah memiliki penamaan yang dominan yaitu Blogger, dimana sudah digunakan oleh banyak orang untuk media blog. Alamat penamaan kamu akan menjadi sebuah subdomain dari domain utamanya yaitu blogspot.com.


 
 Wow… selamat! kamu sudah memiliki sebuah blog dengan judul Hobi Fotografi beralamat di http://nama-blog-kamu.blogspot.com. Mulailah NgeBlog saat ini juga, jika belum siap silakan kumpulkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti foto, referensi tulisan, video dan lain sebagainya. Kapanpun kamu siap mulailah mengakses blog kamu pada alamat tersebut dengan cara menyimpannya menggunakan fasilitas Bookmark/Favorit pada Browser kesayangan kamu



Tinggalkan Comment yach, biar m34lh tau blog kamu, and jangan lupa sering-sering berkunjung di m34lh biar bisa saling share informasinya
 untuk aksesoris blog kamu bisa baca di tips-tips saya yang lainya... ato klik aja salah satu link dari temen2 saya..
salam Hangat
Hadie_alone


9 comments:

  1. Btw untuk membuat 'read more' bagaimana ??? soalnya aku juga baru bikin blog di blogspot nih alamatnya http://bukan-paranormal.blogspot.com

    Thanks atas jawabannya :)

    ReplyDelete
  2. wah keren nih...aku mau coba akh

    ReplyDelete
  3. loh kok komentar aku gag keluar...ilang yah

    ReplyDelete
  4. halo bos, gimana kabarnya, kokk jarang OL lagi nih?????

    ReplyDelete
  5. nieh buat beginer nie
    :D

    im waiting for the next tutorial :D

    ReplyDelete
  6. wah mantabbb nih.....sukses yah kang

    ReplyDelete
  7. kok gak di jawab2 ??

    ReplyDelete
  8. belum di jawab yah ???

    ReplyDelete
  9. aq masih bingung neh kenapa kalo nyari blog ku d google ga keluar yah hihi

    ReplyDelete

Post your comments and give feed back about this article, You can use some HTML tags, such as Bold, Italic,
Thank's For Your Comment