09 September 2009

Adsense Indonesia (Bayar Pake Rupiah)



Adsense terpopuler yang diselenggarakan oleh Google, Google Adsense. Sayang, layanan adsense untuk blog bahasa Indonesia belum secara remi disediakan. Alternatifnya, blogger Indonesia bisa memasang Adsense Indonesia, seperti kumpulblogger, ppcindo, ppcinbox, atau Adsense Camp sebagaimana bisa dilihat dan diklik di sidebar kanan di blog ini (kalo mau ikut gabung, tinggal klik aja tuh…).
Selain Adsense, untuk menjadikan blog “mengundang uang” adalah dengan ikut program afiliasi (affiliate program), seperti ziddu, shvoong, depositefiles, 000webhost, freedomain co.cc, dan banyak lagi. Adsense kumpulblogger dan Adsense Camp juga menyediakan program referralnya.
Anda yang mau ikut Program Adsense & Affiliate, dapat langsung nge-klik link-link di bawah ini untuk daftar, gratis!

  1. AdsenseCamp
  2. Usaha Web
  3. KumpulBlogger
  4. Ziddu
  5. Rumah Hosting 
  6. Afiliasi .CO.CC
  7. DepositFIles
  8. ,,,,,,,..........
 Masih Banyak Lagi Yang lainya, Untuk Pemula mungkin bisa gunakan Link Tersebut, karena pembayaranya cukup masuk akal dan caranya simple. Dan Untuk Senior-senior Blogger mohon bantuanya.
Cara Kerja
Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian.
Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.
Istilah dalam AdSense
* Publisher: Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan AdSense di situs mereka.
* Ad Units : Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.
* Link Units : Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.
* AdSense for Content: AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.
* Alternate Ads : Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.
* Channels: Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu lebih, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.
* Page Impressions : Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
* Clicks : Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.
* CTR (Clickthrough Rate) : CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).
* CPC (Cost Per Click) : CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.
* eCPM (Effective CPM) : eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).
* Kebijakan program AdSense : Meski program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense.
LARANGAN-PANTANGAN
Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta program AdSense adalah:
* Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
* Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”
* Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
* Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
* Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan katakunci tertentu
* Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
* Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.
Optimisasi Penghasilan AdSense
Potensi keuntungan mengikuti program AdSense membuat banyak pemilik situs web mengembangkan berbagai metode untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan yang mereka tayangkan. Sebagian metode terbukti ilegal dan melawan kebijakan resmi program AdSense.
Metode yang lain diperbolehkan, bahkan didorong penggunaannya oleh Google. Beberapa metode yang dianggap sah adalah:
* Memodifikasi warna unit iklan menggunakan palet warna yang disediakan AdSense
* Meletakkan unit iklan pada posisi tertentu pada halaman web yang dianggap memiliki tingkat keterbacaan tinggi
* Menghilangkan garis tepi unit iklan dan menyamakan warna latarnya dengan warna latar halaman web sehingga unit iklan terlihat membaur dengan isi halaman.*
Upload-Download Program
Selain Adsense dan Affiliate Program, blogger juga bisa mengikuti program upload-download file seperti ditawarkan ziidu, shvoong, dan depositefile. Cara kerjanya, kita simpan file (teks, gambar, video) di situs mereka. Jika ada yang mendownload, maka kita dapat komisi. Setelah upload file, tentu kita harus promosikan link downloadnya di blog kita agar didownload pengunjung.
Selamat mencoba. Tak ada salahnya ‘kan? Toh gak rugi kita kalaupun belum berhasil. Lagian, blog kita jadi tampak “meriah”, sedikit mengganggu sih, tapi… iseng-iseng berhadiah lah… Good Luck! (www.romeltea.com/sumber: wikipedia).*
Sample: 

Adsense Indonesia CO.CC:Free Domain

2 comments:

  1. Aq pengin pasang google adsense, tp web dlm bhs Inggris gak jadi2 nih, bingung, alna ga' bisa bhs Inggris hihihi...

    Laptop Murah Berkualitas

    ReplyDelete
  2. Sementara anda pake google adsense fo Search atau pake google adsense for feed dulu aja, nanti google adsense secara otomatis akan memberikan kode adsense text nya jika dari hasil pengamatan google pengunjung di website anda telah mencukupi atau website dalam bahasa inggris anda telah jadi...
    Sukses buat wijayaonline

    ReplyDelete

Post your comments and give feed back about this article, You can use some HTML tags, such as Bold, Italic,
Thank's For Your Comment